Sabtu, 09 Oktober 2010

Aliran Kiri

Bermula dari ketemu sama temen-temen kelompok religis, diskusi berbagai hal dan mereka selalu masuk-masukin unsur agama dalam tiap pembicaraan. Oke, nggak apa asal nggak taqlid dan memaksakan kehendak.

Tapi, woi...!

Masalah agama itu masalah sensitif, nggak semua dasar pemikiran agama masing-masing orang cocok meski mereka satu agama. Apalagi yang beda agama atau malah nggak beragama, jelas lebih nggak cocok lagi. Beberapa kali juga gw dituding sebagai penganut paham aliran kiri karena faktor ketidaksepahaman ini.

Sebenernya yang ngomong itu, tau nggak sih definisi aliran kiri?

Nyok kupas bareng-bareng di tulisan ini.


Sejarah Aliran Kiri

Berawal dari kebiasaan anggota parlemen Perancis pasca revolusi ketika bersidang. Mereka yang pro pemerintah duduk di sebelah kanan dan yang kontra duduk di sebelah kiri. Kebiasaan ini berlangsung sejak di mana mereka bersumpah di sebuah lapangan tenis tanggal 20 Juni 1789, mereka sepakat untuk tidak terpisah sampai Perancis diberikan sebuah konstitusi. Kejadian yang dikenal dengan nama Tennis Court Oath. Mereka ini adalah anggota masyarakat yang terdiri dari pendeta dan pemuka masyarakat.

Di beberapa negara, istilah kiri dan radikal kiri dikaitkan dengan Komunisme, Maoisme, Otonomisme dan Anarkisme Kolektivis. Digunakan untuk menggambarkan kelompok-kelompok yang menganjurkan Anti-Kapitalis, Politik Identitas atau Eco-Terrorism. Di Perancis, sebuah pembedaan dibuat antara kiri (Partai Sosialis dan Partai Komunis) dan paling kiri (Trotskyis, Maois dan Anarkis).

The US Department of Homeland Security mendefinisikan ekstremisme sayap kiri sebagai kelompok yang ingin "membawa tentang perubahan melalui revolusi kekerasan daripada melalui proses politik yang mapan." Di Amerika Serikat sendiri pada abad 19 ketika banyak kaum yang mengikuti paham liberal sosial juga progresif, di mana anggota serikat buruh yang bergerak dipengaruhi karya-karya Thomas Paine yang mengenalkan konsep asset-based egalitarianism, yaitu kesetaraan sosial dimungkinkan oleh redistribusi sumber daya, biasanya dalam bentuk dari modal hibah diberikan pada usia mayoritas.


Singkatnya Tentang Aliran Kiri

Aliran kiri tidak bisa langsung dicap sebagaimana disebut di atas. Aliran kiri adalah golongan yang menentang kemapanan dan menganjurkan pembaharuan. Bisa jadi berseberangan dengan penguasa, namun apakah oposisi juga disebut dengan aliran kiri?

Pernah gw debatin temen-temen yang sembarangan ngecap orang lain yang nggak serupa sepertinya dan golongannya itu sebagai aliran kiri. Gw tanya balik, apakah Umar bin Khattab itu beraliran kiri, mengingat ketika Rasulullah mengatakan pada sahabatnya untuk tolong ingatkan beliau ketika salah, Umar menghunus pedangnya dan berkata, "Demi Allah saya akan mengingatkanmu ya Rasulullah dengan pedang ini!"

Dengan kata lain Umar bin Khattab itu mengingatkan Rasulullah dengan caranya, Rasulullah juga nggak anti kritik seperti beberapa orang-orang sekarang.

Lantas apa orang-orang yang berseberangan dengan paham yang dianut langsung dicap beraliran kiri?

Sempit banget sih berpikirnya, anti kritik banget. Pasti hidupnya nggak pernah bergaul, bertemen cuma sama golongannya aja sampe jadi taqlid begitu.

Cucian deh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar