Rabu, 21 Juli 2010

UNNES Masuk 100 TOP Asia Tenggara

Universitas Negeri Semarang (Unnes) akhirnya bertengger di jajaran 100 besar perguruan tinggi terbaik se-Asia Tenggara.

Di antara seratus perguruan tinggi itu, universitas konservasi ini berada pada urutan ke-83. Urutan tersebut didasarkan pada pemeringkatan oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi yang selama ini paling kredibel, Webometrics, pertengahan Juli ini.

Di Indonesia, Unnes berada di peringkat ke-23, atau ke-2.754 dunia. Enam bulan lalu, universitas ini berada di peringkat ke-29 di negeri ini atau ke-3.724 di dunia.

"Dari semester ke semester, universitas kami secara meyakinkan bergerak maju. Tidak terjadi fluktuasi, namun justru karena itu, semuanya menjadi main terukur," kata Pembantu Rektor Bidang Akademik Unnes Supriadi Rustad, kemarin.

Kini pihaknya sudah bisa mengindentifikasi bagian mana saja yang masih menjadi kelemahan. Sebaliknya, sudah diketahui pula bagian yang menjadi keunggulan.

Guru Besar Fisika itu juga mengungkapkan, Juli 2008 Unnes belum termasuk orbit 5.000 universitas terbaik dunia. "Namun semenjak Januari 2009 berada pada peringkat 4.800 dunia, berturut-turut setiap semester mengalami peningkatan step by step," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar